Senin, 04 Oktober 2010

Sebaiknya anda tahu : Setahun 33 Ledakan Gas LPG



Mungkin anda semuasudah banyak mendengan tentang tabung LPG yang meledak, ih…ngeri juga mendengarnya. Jadi takut dan was-was untuk menggunakan LPG, tapi karena udah te

rlanjur sering pakai ya tetap pakai :) . Tapi tetap waspada dan hati-hati dalam menggunkannya. Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra) mencatat terdapat 33 ledakan gas 3 kilogram sepanjang tahun ini. Menko Kesra, Agung Laksono mengatakan, data tersebut didapatkan dari Pertamina usai rapat koordinasi internal di Kantor Menko Kesra, Senin (28/6).

Jawa Barat menjadi wilayah tertinggi terjadinya ledakan dengan 12 kejadian. “Untuk Jabodetabek ada 10 ledakan,” tuturnya kepada wartawan. Dia menuturkan, kejadian ledakan gas tersebut terjadi bukan karena kualitas tabung gas dari pemerintah. “Dari data yang masuk ke kita, tidak ada (ledakan) karena tabung gas,” jelas Agung.

Agung menjelaskan, ledakan yang terjadi terjadi karena aksesoris tabung gas berupa selang, katup, dan regulator. Dari data yang dihimpun, ledakan gas tersebut paling banyak karena kualitas selang yang buruk sebanyak tujuh kejadian. “Untuk karena regulator rusak sebanyak lima peristiwa, dan katup sebanyak empat,” jelasnya. Sementara, sisanya adalah insiden yang tidak jelas penyebabnya.

Mengenai adanya korban, dia melanjutkan, terdapat dua korban meninggal akibat ledakan gas 3 kilogram. “Untuk korban luka-luka, kita belum menerima laporan,” ujar mantan Ketua DPR RI tersebut.

Menko Kesra mengatakan, masyarakat seharusnya memperhatikan cara pemakaian aksesoris tabung gas. “Seharusnya penggunaan aksesoris tabung gas hanya untuk satu tahun saja. Untuk selebihnya sudah tidak dapat dipertanggungjawabkan lagi (pemakaiannya).”

SUMBER: REPUBLIKA.CO.ID

0 komentar:

Posting Komentar